TENTANG BLOG
1. PENGERTIAN BLOG
Sebenarnya blog itu adalah
semacam aplikasi social networking yang mengedepankan komunikasi antara penulis
blog dan pembaca blog. blog adalah website yang terdiri dari post-post blog,
atau konten yang di tulis blogger. Blog diciptakan bagi mereka yang ingin
mengeluarkan isi pemikiran mereka dengan menjadi blogger
a.
Pengertian Blogger
Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan
pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media
untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis. Selain itu blogger merupakan
sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan dengan kesamaan
tertentu, misal : kesamaan daerah, kesamaan sekolah, kesamaan hobi, dan
kesamaan lainnya. Untuk bisa bergabung dengan sebuah komunitas blogger biasanya
ada syarat tertentu misalnya berasal dari daerah tertentu. Dan blogger ini bisa
diartikan orang yang suka menulis artikel pada blog.
b.
Pengertian Blogspot
Blogspot merupakan sebuah layanan gratis untuk membuat suatu blog yang
merupakan salah satu produk dari Google. Dengan menggunakan sebuah blogspot Anda dapat membuat sebuah blog
untuk menuliskan atau menuangkan sebuah ide Anda untuk menjadikan blog Anda
lebih populer, selain itu Anda dapat mendapatkan uang dari hasil blog Anda.
Jadi mari kita manfaatkan layanan gratis dari Google untuk mencari uang maupun berekspresi di dunia Internet.
c.
Pengertian Blogging
Blogging adalah suatu cara kita mengkomunikasikan sebuah gagasan
pikiran atau ide kita, lalu menuangkannya kedalam sebuah blog untuk dijakan
sebuah artikel atau postingan. Seberapa besar kemampuan kita dalam berkomunikasi
akan sangat menentukan kesuksesan dan kepopularitasan dalam sebuah blogging.
Biasanya para blogger pemula melakukan aktifitas blogging dengan mengisi sebuah
buku tamu, mereka menyimpan atau menempelkan sebuah link blog mereka
masing-masing dan mengharapkan sebuah kunjungan ke blog mereka, atau dengan
cara berkomentar untuk medapatkan sebuah komentar balik disalah satu
artikelnya. Cara ini memang sangat efektif dan relevan untuk dilakukan oleh seorang blogger pemula yang belum memiliki
kepopularitasan masing-masing.
d.
Pengertian Web Blog
"Web Log" adalah sebuah
aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar yang biasa disebut
dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman website umum seperti
blog. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik biasanya isi
terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak
selamanya seperti ini. Situs web seperti blog ini biasanya dapat diakses oleh
semua pengguna
Internet sesuai dengan topik atau tujuan yang sedang dicari oleh pengunjung
atau visitor dari search engine.
2.
TUJUAN MEMBUAT BLOG
a.
Untukmedia beriklan atau
memperkenalkan sesuatu
Kadang seorang pengusaha,
lembaga, atau organisasi juga memanfaatkan blog untuk media beriklan
seperti memperkenalkan produknya, membuat official site organisasinya,
dll. Mengingat juga ada penyedia blog gratis jadi menambah efisiensi
biaya iklan.
b.
Untuk media mencari uang
Lain halnya dengan beriklan
mencari uang yang dimaksud adalah dengan menjual sesuatu melalui blog atau
mengikuti program seperti google adsense, dll.
c.
Untuk berbagi pengetahuan
Seorang blogger yang juga
memiliki keahlian lain, misalnya komputer atau pertanian kadang membuat blog
untuk mendokumentasi ilmunya, atau agar dapat dipelajari oleh orang lain.
d.
Sebagai catatan harian dan
hobi
Seorang blogger juga sering
memasukan pengalaman pribadi mereka untuk diposting di blog. Pengalaman yang
dimasukan mengacu kepada pengalaman yang berbeda dan terbilang aneh atau
ekstrim.
e.
Menyediakan suatu jasa atau
informasi
Di sini blog dirancang untuk
menyediakan suatu jasa atau informasi tertentu, misalnya memberikan informasi
seputar dunia komputer, menyediakan data prestasi yang pernah diraih Indonesia,
jasa download film gratis,dll.
3.
KEGUNAAN/MANFAAT BLOG
a. Karena blog tepublikasi luas di
internet, maka blog bisa di akses oleh semua orang di dunia. Di dunia ini juga
banyak perusahaan yang menjadikan blog sebagai teknik yang bermanfaat bagi
dunia bisnis mereka. Blog juga dapat menjadi tool marketing (alat pemasaran)
yang menarik dan mudah di lakukan.
- Blog juga memungkinkan penulis blog (blogger) berinteraksi dengan banyak orang di dalam dunia internet. Antara pembaca dan penulis blog dapat terjalin hubungan via dunia blog, jadi pembaca dapat mengetahui maksud dari penulis tentang postingan blognya, dan penulis dapat mengetahui keinginan dari para pengunjung blognya. Sehingga antara penulis dan pembaca dapat meningkatkan skill tertentu dengan saling bertukar komentar lewat blog.
- Bagi sebuah perusahaan atau corporate blog dapat di manfaatkan sebagai sebuah alat pemesanan bagi para pelanggan perusahaan tersebut, dan lewat blog pula para pelanggan atau pembeli dapat memesan sebuah jasa atau barang, dan para pembeli juga dapat mengetahui apakah pesanan mereka sudah terlaksana atau tertunda.
- Lewat blog seorang yang merasa mempunyai potensi dalam bidang tertentu dapat meningkatkan skillnya. Contoh seorang pemain gitar ingin mengetahui cara untuk menciptakan nada-nada yang menarik dan fleksible ketika di dengar oleh penikmat musik. Dengan membuka situs blog orang tersebut dapat dengan mudah mencari informasi dan artikel tentang keinginannya dalam meningkatkan skill menggitarnya.
4.
KEUNGGULAN
DAN KELEMAHAN BLOG
Ø
Keunggulan
Ø Selain karena sifatnya yang ada
dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya
berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam
penggunaan bahasa yang dipakainya.
Ø Blog memungkinkan terjadinya
iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang
disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh
orang lain.
Ø
Kelemahan
Ø Beberapa
kelemahan blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere.
Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan
fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung
jawabkan.
Ø Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan
ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman
yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel
yang benar.
5.
LANGKAH-LANGKAH
MEMBUAT BLOG
1. Pertama-tama masuk pada www.blogger.com
2. Masuk dengan akun email anda,
jika tidak punya bisa membuat dengan mengklik “Buat Akun” pada bagian bawah
laman.
3. Jika sudah anda akan masuk pada
blogger, tetapi terlebih dahulu anda harus memilih profil yang akan digunakan
“Buat profil Google+” atau “Buat profil terbatas” anda bisa mengklik
“Buat profil terbatas”
4. Kemudian akan muncul tampilan
dimana anda harus memasukkan nama blog dengan yang anda inginkan, kemudian klik
“Selanjutnya”
5. Anda akan masuk pada laman yang
berisi tampilan dimana anda harus mengisikan :
Judul
blog = misalkan pada blog saya ini “Indrawati D. Agustien” anda bisa memilih
sesuai keinginan anda
Alamat
blog = misalkan pada blog ini dengan alamat “indradelaa.blogspot.com” itupun
juga sesuai dengan keinginan anda.
Kemudian
pilih tema yang ada, anda juga bisa mengedit sesuai tema yang anda mau
6. Setelah itu klik “Create Blog”
7. Dan selamat!! Blog anda sudah
bisa digunakan untuk memposting apa yang anda mau.
6.
LANGKAH
LANGKAH MEMPOSTING PADA BLOG
2. Masuk dengan akun yang sudah anda
buat
3. Jika sudah klik “Pos” kemudian
pilih “Buat entri baru”
4. Kemudian tuliskan artikel yang
ingin anda buat, atau sekedar isi hati yang ingin anda curahkan :v. Jangan lupa
juga berikan judulnya yaa pada kolom yang sudah disediakan!!!
5. Setelah selesai, klik
“publikasikan”
6. Dan postingan anda sudah berhasil
dibuat.
7. LANGKAH MENGOPERASIKAN BLOG
a) Posting
satu hal penting yang ada pada blog adalah content.untuk mengisi content itu
kita harus mempostingnya kedalam blog.untuk melakukan posting,Login
terlebih dahulu ke blog anda.setelah masuk,anda tinggal pilih new post(entri
baru).Biasanya
saat mulai mendaftar kita sudah bisa langsung posting.jadi tidak perlu repot
repot.Didalam
menu post ini anda bisa memasukkan tulisan,gambar ataupun video.
b) Create post
untuk
membuat tulisan baru.silahkan ketikkan tulisan di kolom ini.setelah anda
selesai menulis.lalu tekan publish post(letaknya di bagian bawah)
kalo ingin menyimpan tulisan anda.bisa klik Save Now
c) Edit post
untuk mengedit tulisan yang anda buat
d) Moderate Comment
untuk mengatur comment pada blog
e) Setting(pengaturan)
didalam menu ini ada banyak option yang bisa anda ubah ubah.tapi kalo anda
belum begitu mengerti biarkan begitu saja.gak jadi masalah kok
f) Layout
menu ini isinya page element,font and color,edit HTML,pick new template
g) Page
element
menu ini adalah menu yang dapat anda gunakan untuk mengatur tata letak element
element halaman yang ada di blog anda.disini juga anda bisa menambahkan banyak
fitur fitur element yang disediakan oleh blogger.
h) Font and color
Disini
anda dapat mengubah jenis huruf dan warna huruf pada blog anda
i)
Edit HTML
disini anda dapat menambah dan mengedit template blog anda
8. HAMBATAN DALAM MEMBUAT BLOG
Menjadi
bloger sukses tidak hanya butuh waktu tenaga dan juga modal. termasuk dalam
membeli domain dan hosting.
Pengetahuan,
Memang
untuk menjadi blogger tidak harus pandai cukup kreatif dan jeli bisa membuat
kita sukses tetapi semua itu harus ditunjang dengan hoby dalam dunia internet.
Akses internet
Ini
adalah masalah klasik dalam akses internet
Kemampuan SEO yang sangat minim
karena
saat memulai blogging itu mudah tetapi seterusnya sangat sulit, persaingan yang
ketat dalam membidik kata kunci dan juga persaingan dalam hal membangun blog
blog mandiri. semua butuh waktu dan juga tenaga . apalagi modal wajib ada.
9.
MACAM-MACAM/JENIS
BLOG
1. Blog Pribadi
Blog pribadi adalah blog yang umumnya dibuat hanya
untuk sekadar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari kehidupan
sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik
sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak ditujukan
untuk menghasilkan uang. Meskipun demikian, pemilik blog jenis ini akan tetap enjoy
ngeblog .
2. Blog otoritas (authority blogs)
Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh para
blogger serius. Tujuan blog tersebut adalah menjadi ahli di topik yang
dibahasnya.
Dari sisi mendapatkan pengunjung, blog otoritas
tidak fokus kepada pengunjung dari mesin pencari, namun menggaet pengunjung
juga dari social media (Facebook, Twitter, dan Pinterest). Oleh sebab itu, jika
pun mesin pencari tidak ada, blog-blog otiritas masih mendapatkan trafik dari
sosial media tersebut.
Terkait konten, blog otoritas umumnya tidak
mementingkan kata kunci. Tak heran, blog otoritas memublikasikan ratusan hingga
ribuan artikel berkualitas karena topik yang mereka bahas tidak sempit
(misalnya kesehatan, rumah, pengembangan diri, teknologi, dan lain-lain).
Beberapa contoh blog otoritas adalah:
·
Problogger
(blog otoritas seputar dunia ngeblog)
·
TechCrunch
(blog otoritas seputar dunia teknologi)
3. Blog Niche
Berbeda dengan blog otoritas, blog niche fokus
kepada sebuah kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu
mesin pencari. Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci,
pembuatan konten, dan optimasi di mesin pencari.
Dari sisi pengunjung, blog niche menggantungkan
diri kepada pengunjung yang berasal dari mesin pencari (utamanya Google)
sehingga biasanya para pemilik blog niche sibuk mencari backlink dari beragam
sumber agar blog mereka masuk ke halaman 1 Google untuk kata kunci yang
dibidiknya.
Karena hanya menggantungkan pengunjung dari
Google, kelemahan terbesar blog niche adalah kehilangan pengunjungnya dalam
waktu sekejap jika Google memperbaharui algoritma pencariannya. Anda mungkin
pernah mambaca keluhan para pemilik blog niche di forum-forum internet
marketing karena blog mereka telempar dari halaman 1 Google akibat Google
Panda, Google Penguin, atau penalti manual Google.
Sekarang ini ada banyak debat kusir perihal mana
yang lebih baik dalam menghasilkan uang antara blog otoritas dan blog niche.
Para fan blog otoritas mengklaim bahwa blog otoritas adalah yang terbaik
menghasilkan uang. Begitu juga dengan klaim para “pecinta” blog niche. Namun,
dalam pandangan saya, dua-duanya bagus menghasilkan uang sepanjang konten dan
backlink-nya berkualitas.
4. Blog Perusahaan
Beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan
telah menambahkan sebuah blog pada website mereka. Perusahaan menggunakan blog
mereka untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk dan
atau jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis
ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.
Dua contoh yang masuk jenis blog ini adalah The
Infolinks Blog dan The Payoneer Blog.
5. Blog spam
Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak
memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically
generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif.
Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau plugin)
pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan dengan
mudah terisi konten.
Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat
komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran
hak cipta. Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam
membersihkan hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.
10. LANGKAH MENGATASI HAMBATAN PADA BLOG
1. Mencari
akses internet yang baik.
2. Mencari
pengetahuan tentang blog dan blogger yang baik.
3. Mempelajari
cara cara menjadi blogger yang baik agar pembaca tertarik.
11. APA SAJA ISI BLOG?
Blog bisa berisi tentang
catatan pribadi ataupun karya-karya yang anda buat dengan kreativitas anda
sendiri. Pada blog anda bisa mengeposkan semua pengetahuan anda, dari tugas
tugas sekolah, tips-tips menarik yang membuat pembaca tertarik untuk membaca
blog anda!!
itu dia seputar blog yang bisa saya bagikan disini,, semoga bermanfaat :v
itu dia seputar blog yang bisa saya bagikan disini,, semoga bermanfaat :v
No comments:
Post a Comment