FUNGSI
MANAJEMEN SARANA DAN PRASANA KANTOR
Pengertian
Fungsi Manajemen :
Fungsi
manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam
proses manajemen dan dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai
suatu tujuan.
Fungsi
manajemen menurut beberapa sumber :
1.
Menurut
Subagyo MS (1990: 10) dalam bukunya Manajemen Logistik menye-butkan bahwa
fungsi-fungsi manajemen sarana dan prasarana terdiri dari:
1)
Perencanaan
kebutuhan barang
2)
Penganggaran
3)
Pengadaan
4)
Penyimpanan dan
penyaluran
5)
Pemeliharaan
6)
Penghapusan
7)
Pengendalian
2.
Menurut
Gunawan (2006:116), secara operasional kegiatan administrasi sarana dan
prasarana pendidikan meliputi:
1.
Perencanaan pengadaan
barang
2.
Prakualifikasi rekaan
3.
Pengadaan sarana
4.
Penyimpanan,
inventarisasi, penyaluran
5.
Pemeliharaan,
rehabilitasi
6.
Penghapusan dan
penyingkiran
7.
Pengendalian
3.
Fungsi
manajemen sarana dan prasarana menurut Hendry Fayol, yaitu PO3C yang terdiri
dari :
1.
Perencanaan
(Planning) berupa penentuan langkah-langkah yang memungkinkan organisasi
mencapai tujuannya-tujuannya.
2.
Pengorganisasian
(Organizing), dalam arti mobilisasibahan materiil dan sumber daya manusia guna
melaksanakan rencana.
3.
Memerintah
(Commanding), dengan memberi arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas
pekerjaan mereka.
4.
Pengkoordinasian
(Coordinating), dengan emastikan sumber-sumber daya dan kegiatan organisasi
berlangsung secara harmonis dalam mencapai tujuannya.
5.
Pengendalian
(Controling) dengan memantau rencana untuk membuktikan apakah rencana itu sudah
dilaksanakan sebagaimana mestinya.
4.
Adapun
menurut Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan manajemen (pengelolaan) sarana dan
prasarana pendidikan dipandang sebagai suatu rantai. Rantai ini terdiri dari
lima mata rantai itu terdapat suatu tonggak yang menghubungkan secara menyebar
dengan tiap mata rantai yang bersifat 2 arah, yang juga bersifat cerminan dari
fungsi-fungsi manajemen sarana dan prasarana adalah sebagai berikut:
1.
Perencanaan
kebutuhan
2.
Proses
pengadaan
3.
Proses
pengiriman
4.
Penyempurnaan,
pemeliharaan, dan pendayagunaan
5.
Inventarisasi,
monitoring, dan pengendalian.
Dari beberapa sumber diatas, dapat disimpulkan
bahwa fungsi-fungsi manajemen sarana dan prasarana kantor meliputi :
1. Fungsi
perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana kantor
2. Fungsi
pengadaan sarana dan prasana kantor
3. Fungsi
pemeliharaan sarana dan prasarana kantor
4. Fungsi
penyimpanan sarana dan prasarana kantor
5. Fungsi
pengawasan sarana dan prasarana kantor
No comments:
Post a Comment